Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Implementasinya untuk Meningkatakan Maharatul Kalam

Penulis

  • Udin Zainudin Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.309

Kata Kunci:

penanaman nilai-nilai, pendidikan islam, karyawan bumd air minum tirta intan garut

Abstrak

Sebagaian besar pembelajar bahasa Arab Pemula merasakan kesulitan ketika mempelajarinya, munculnya Stigma sulitnya tersbut disebabkan karena pengajar bahasa arab terlalu fokus pada pembelajaran kaidah seperti; nahwu, shorof dan balaghah, hal ini membuat pembelajaran menjadi membosankan dan terasa sulit, padahal kaidah nahwu dan shorof hanya bagian kecil dari bahasa Arab. Tujuan utama dari pembelajaran Bahasa Arab adalah untuk komunikasi, saling berbagi pengalaman dan cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan opsi sebuah pendekatan dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharatul kalam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Konseptual, data skunder dikumpulkan dari sumber skunder seperti buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan komunikatif sangat efektif, lebih mudah dan menyenangkan bagi pembelajar Bahasa Arab, pengimplementasian pembelajaran dengan metode langsung, dengan teknik tadrib bi’ah lughowiyah dalam meningkatkan kemampuan maharatul kalam tanpa menghafal kosa kata.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles