IMPLEMENTASI ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK)
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v1i1.31Kata Kunci:
Assesmen Nasional Berbasis Komputer, AssesmenAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji literatur yang ada tentang implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pada artikel ini, dilatar belakangi oleh Asesmen Nasional pengganti UN yang sedang dirancang adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk menilai kualitas layanan pendidikan di satuan pendidikan yang bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas belajar peserta didik secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan ANBK di lembaga sekolah dilaksanakan secara online dan disesuaikan dengan Prosedur Operasinal Standar Asesmen Nasional Tahun 2021 nomor 030/H/PG.00/2021 yang terbagi menjadi tiga tahapan. Pertama, pra ANBK yang meliputi kegiatan sosialisasi, pengelolaan personalia, sarana dan prasarana, dan pengelolaan peserta didik. Kedua, tahap pelaksanaan ANBK yang dilakukan secra online. Ketiga, tahap pasca ANBK kegiatan yang dilakukan pada tahap ini, memastikan peserta log out, menandatangani berita acara dan melakukan cetak laporan.