RELEVANSI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) DENGAN ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.310Kata Kunci:
ra Society 5.0, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Perguruan TinggiAbstrak
Era Society 5.0 merupakan zaman yang menuntut manusia dapat mengelaborasi teknologi, tanpa menggadaikan kemanusiaannya. Era ini diinisiasi oleh pemerintahan Jepang yang juga berdampak bagi dunia pendidikan. Dampak bagi dunia pendidikan pada akhirnya adalah peserta didik diharuskan untuk meningkatkan berbagai keterampilan baik itu soft skill, hard skill maupun power skill. Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mencanangkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang kemudian disingkat MBKM. Program ini merupakan konsep belajar yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan memberikan peserta didik kebebasan dalam belajar. Artikel ini berupaya mengkaji relevansi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Era Society 5.0 khususnya di Perguruan Tinggi. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan studi pustaka (library research) dengan mengkaji literatur yang sesuai dengan topik pembahasan. Hasil kajian yang dilakukan menunjukkan bahwa program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dapat mendorong mahasiswa menjadi manusia yang unggul, yang pandai dalam bidang akademik dan memiliki soft skill juga hard skill dan power skill yang relevan dengan era society 5.0.