POLA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR Kajian Tafsir Tarbawi : Surat Abasa Ayat 1-10

Penulis

  • Cecep Abdul Muis Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.312

Kata Kunci:

Interaksi, Belajar, Mengajar

Abstrak

Interaksi dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat menentukan dalam tercapai tujuan pembelajaran. Prinsip-prinsip dalam belajar mengajar Disertai bahan pelajaran yang sesuai, dan metode yang digunakan, berpengaruh terhadap tercapainya tujuan belajar mengajar karena jika interaksi dalam pembelajaran tidak harmonis, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kualitataip dengan metode penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan ini yaitu dengan cara membaca, menelaah, mendeskripsikan, dan menganalisa literatur dari berbagai sumber kitab tafsir serta buku-buku pendidikan yang sesuai. Fokus dalam penulisan skripsi ini adalah kajian tafsir surat Abasa ayat 1-10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (librari research), yaitu penelitian yang obyek utamanya adalah buku-buku atau sumber kepustakaan lain. Maksudnya, data dicari dan di temukan melalui kajian pustaka dari buku-buku yang relevan dengan pembahasan. Data primer dalam penelitian ini di ambil dari surat abasa ayat 1-10, tafsir Al-misbah surat abasa ayat 1-10 dan data sekunder dari buku-buku yang mempunyai relevansi untuk memperkuat agrumentasi dan melengkapi hasil penelitian ini di ambil dari catatan-catatan seperti jurnal,  makalah, internet dan bahan-bahan yang relevan yang dapat di ambil menjadi sumber. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen utama. Identifikasi data dibantu dengan menggunakan penjelasan dari beberapa buku-buku tafsir yang relevan dan buku-buku lain yang menunjang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi atau studi kepustakaan. Adapun teknik analisa dari penulisan ini adalah conten analysis (analisis isi) yakni teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara objektip serta sistematis.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang interaksi belajar mengajar dalam al-Qur’an surat Abasa ayat 1-10, yaitu: Pola interaksi belajar mengajar yang terkandung dalam surat abasa ayat 1-10 adalah pola interaksi tiga arah, perinsip-prinsip belajarar antaranya: Mujahadah, istiqomah, dan iffah. Prinsip-prinsip mengajar diantaranya: Bertanya ketika dipersiapkan oleh guru, tidak memancing kemarahan guru, tekun dalam belajar, tidak banyak memerintah guru. Etika mengajar diantaranya: tidak membeda-bedakan, senantiasa bersabar, berprasangka baik, dan menegur dengan lembut.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles