ANALISIS PENERAPAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Penelitian Di SDN Nusawangi Tasikmalaya)

Penulis

  • Jani Sanjari Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.313

Kata Kunci:

indeferensiasi;kurikulum;SDN Nusawangi

Abstrak

Kurikulum telah menjadi faktor terpenting dalam dunia pendidikan. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi, materi kegiatan Pembelajaran dan metode digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran   untuk   mencapai   pendidikan   tujuan   tertentu.   Segala   kegiatan kegiatan   pembelajaran   bagi   Peserta   Didik   di   sekolah   membentuk   konsep kurikulum yang hebat. Metode   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini   menggunakan   metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghadirkan data deskriptif beberapa kata• kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang dapat diamati.Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Aagama Islam di SDN Nusawangi. Pendidik PAI-BP telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi sebagai strategi belajar maupun metode belajar. Pendidik mata pelajaran Pendidikan Aagama Islam melaksanakan berdiferensiasi proses berbasis kesiapan belajar dengan melakukan pemetaan berdasarkan hasil asesmen diagnostik, namun tidak memberikan konten yang bersifat hierarki kemampuan  yang dimiliki.Dampak Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Nusawangi Tasikmalaya memiliki dampak positif dan negatifnya dampak tersebut dapat berasal dari peserta didik, dan pendidik sendiri. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan gaya belajar dan konten memiliki dampak positif yang signifikan baik   bagi   peserta   didik   maupun   pendidik.   Peserta   didik   mendapatkan pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan memungkinkan mereka menjadi diri mereka sendiri saat belajar. Sementara itu, pendidik merasa bahagia karena dapat membantu peserta didik belajar sesuai kemampuan mereka, dan memungkinkan peserta didik ahli menjadi tutor sebaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles