MANAJEMEN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Iqbal Yusuf Anggia Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.315

Kata Kunci:

Perencanaan, Pelaksanaan, Pendidikan, Islam

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran serta menganalisis tentang Manajemen Perencanaan dan Pelaksanaan Pendidikan Islam pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada pendekatan kualitatif ini yaitu dengan metode studi kasus. Metode penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau bidang tertentu secara analisis, sistematis faktual dan teliti. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pendidikan Islam pada proses pembelajaran di MAN 2 Kota Tasikmalaya yaitu sebagai berikut: a) Guru membuat perangkat pembelajaran,  b) Guru menetapkan tujuan pembelajaran, c) Guru memilih dan mengembangkan bahan pengajaran, d) Guru memilih media pengajaran yang sesuai, dan e) Guru memilih dan memanfaatkan sumber belajar. 2) Pelaksanaan pendidikan Islam pada proses pembelajaran di MAN 2 Kota Tasikmalaya yaitu sebagai berikut: a) Guru menciptakan iklim atau suasana pembelajaran yang tepat, b) Guru mengamati kegiatan pembelajaran, c) Guru mengatur siswa dalam kegiatan pembelajaran, d) Guru memilih dan menetapkan metode pembelajaran yang dianggap paling tepat dan efektif, e) Guru menilai prestasi belajar peserta didik, dan f) Guru melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles