BUDAYA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESANTREN SALAF (Studi Kausus di Pondok Pesantren Al Munawwar ZarnujiyyahTasikmalaya)

Penulis

  • Mumu Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.316

Kata Kunci:

Culture, Pesantren, Character Education

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui kultur atau budaya pesantren dan Pendidikan karakter pada pesantren salaf, Al-Munawwar Zarnujiyyah Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Pasirbokor RT 05/01 Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer, dan data sekunder yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti melalui metode wawancara. Pesantren adalah salah satu institusi yang unik dengan ciri-ciri khas yang sangat kuat dan lekat. Peran yang diambil adalah upaya-upaya pencerdasan bangsa yang telah turun temurun tanpa henti. Pesantren Al Munawwar Zarnujiyyah mempunyai budaya dalam membentuk karakter dan kedisiplinan yang telah di buat dalam aturan aturan khusus sebagai pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh budaya santri yang ada di Pesantren Al Munawwar Zarnujiyyah adalah budaya kebersaam, budaya antri, budaya gotong royong dan kegiatan-kegiatan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, Pesantren Al Munawwar Zarnujiyyah mempunyai peran kuat dalam pelaksanaan budaya pesantren dimana pimpinan pesantren telah membuat suatu aturan dan peraturan dalam bentuk SOP (Standar Operational Prosedure), jadwal-jadwal harian, mingguan dan bulan. Kedua, peran pesantren dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Karakter santri dalam lingkungan Pesantren Al Munawwar Zarnujiyyah Tasikmalaya dilakukan transformasi nilai-nilai agama islam dengan proses penanaman kebiasaan.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles