PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v1i1.32Kata Kunci:
Pendidikan, Keluarga, Moderasi AgamaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam keluarga yang harus ditanamkan dalam keluarga dan menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (library reseacrh). Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa hal pertama yang harus ditanamkan pada diri anak dalam keluarga adalah mendapatkan pendidikan dengan penanaman nilai-nilai agama. Proses pendidikan yang diberikan kepada anak dapat melalui beberapa cara, yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, hukuman, penghargaan, dan pengawasan. Proses pendidikan moderasi beragama dalam keluarga dilakukan dalam dua fase, pertama yaitu fase pendidikan pra natal yang terdiri dari masa pra-konsepsi dan masa pasca-konsepsi. Kedua yaitu fase pendidikan pasca natal yang terdiri dari masa bayi, masa kanak-kanak, masa anak-anak, masa remaja, dan masa dewasa.