IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 1 CILOLOHAN KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.382Kata Kunci:
Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Concept MappingAbstrak
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang Pendidikan Dasar diajarkan dengan berbagai metode. Salah satu metode pembelajaran yang dipakai oleh guru untuk mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam yang diinginkan adalah Concept mapping. Metode pembelajaran ini menggunakan peta konsep untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode concept mapping di kelas V SDN 1 Cilolohan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan para guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan concept mapping di kelas V SDN 1 Cilolohan Kota Tasikmalaya telah berjalan dengan baik. Guru dapat menggunakan metode concept mapping secara efektif untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran. Siswa juga menunjukkan antusiasme dan partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran dengan metode concept mapping ini. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode concept mapping berkontribusi membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 1 Cilolohan Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu penelitian ini merekomendasikan agar metode concept mapping dapat diterapkan secara lebih luas pada jenjang Sekolah Dasar