PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUMAH TANGGA MENURUT PEMIKIRAN ASY SYAIKH AL IMAM ABU MUHAMMAD DALAM KITAB QURROTUL ‘UYUN

Penulis

  • Jani Sanjari Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ripa Putri Oktaviani Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.385

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Rumah Tangga, Kitab Qurrotul ‘Uyun.

Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi bahwa saat ini banyak terjadi konflik dalam rumah tangga sehingga menimbulkan banyak perpecahan dalam keluarga, bahkan berujung pada perceraian. Hal itu terjadi dikarenakan belum memahami tata cara membentuk rumah tangga sesuai petunjuk Islam dan banyak pasangan yang tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab dalam membentuk rumah tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang pendidikan islam dalam rumah tangga menurut pemikiran Asy Syaikh Al Imam Abu Muhammad dalam Kitabnya yaitu kitab Qurrotul ‘Uyun. Penulis mengenakan prosedur penelitian kualitatif dengan Metode penelitian analisis isi, dan sumber primernya yaitu kitab Qurrotul ‘Uyun. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pendidikan islam dalam rumah tangga mencakup banyak hal tentang keluarga Sakinah. Yang dimana keluarga Sakinah dijelaskan didalam kitab Qurrotul ‘Uyun adalah keluarga yang dibentuk dengan landasan agama yang kuat. Dalam perilaku sehari harinya senatiasa berpedoman pada petunjuk Allah dan Rasulnya, sehingga tercipta iklim keagamaan di dalamnya. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan yaitu: (1) Pemilihan pendamping hidup yang selektif (2) Memelihara keharmonisan keluarga (3) Adanya prinsip keseimbangan antara hak dan kewajiban suami istri (4) Pentingnya peran seksualitas bagi kebahagiaan keluarga. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat membongkar lebih dalam pemikiran yang ada didalam kitab Qurrotul ‘Uyun, karena kitab ini menjelaskan pendidikan islam dalam rumah tangga.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Terbitan

Bagian

Articles