PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.392Kata Kunci:
Pendidikan Islam,Kesehatan Mental Siswa, Era Society 5.0Abstrak
mengintegrasikan teknologi canggih dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, yang menimbulkan tantangan baru bagi kesehatan mental siswa. Pendidikan Islam, dengan nilai nilai spiritual dan moralnya, diyakini dapat memberikan solusi dalam mengatasi tantangan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, siswa, pendidikan Islam. Selain itu, observasi langsung dan analisis dokumen juga dilakukan untuk memperkaya data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran signifikan dalam menjaga kesehatan mental siswa. Ajaran tentang kesabaran, dzikir, dan nilai nilai moral Islam membantu siswa mengelola stres dan emosi. Penggunaan teknologi seperti aplikasi Al Quran digital dan platform diskusi online memungkinkan integrasi nilai nilai Islam dalam keseharian siswa, sesuai dengan tuntutan era Society 5.0. Program program sekolah yang berbasis nilai nilai Islam, seperti pengajian mingguan dan sesi konseling, serta pelatihan guru dalam mendukung kesehatan mental siswa, terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung kesejahteraan mental.