KONSEP PENGEMBANGAN PEDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM LINGKUP MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v6i1.415Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pendidikan Islam yang diwakili oleh lembaga madrasah khususnya yang senatiasa menjadi polemik masyarakat dari masa ke masa adalah berkisar pada rendahnya mutu pendidikan dan relevansi pendidikan di madrasah dengan kebutuhan pasar kerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan kecakapan hidup; untuk mengetahui konsep pendidikan di madrasah, dan konsep atau desain pengembangan pendidikan kecakapan hidup (lifeskills) di madrasah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi literatur dilakukan dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data dari berbagai sumber literatur, seperti buku, artikel jurnal, dokumen resmi, dan sumber lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Pendekatan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep, teori, atau fenomena yang sedang dikaji. Dalam penelitian dihasilkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, Pendidikan kecakapan hidup merupakan pendidikan yang mengembangkan kecakapan-kecakapan yang secara praksis yang dapat membekali peserta didik dalam mengatasi berbagai macam persoalan hidup dan kehidupan. Kedua, Pengembangan pendidikan kecakapan hidup dimadrasah menyangkut pengembagan dimensi manusia seutuhnya yaitu pada aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, kesehatan, seni dan budaya, yang bermuara pada peningkatan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik. Pendidikan kecakapan hidup dalam kurikulum terintegrasi melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran yang ada pada setiap mata pelajaran dan kegiatan-kegiatan yang ada di madrasah.