IMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA TARJAMAH DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DAN KITABAH
Kata Kunci:
Implementasi, gramatika dan tarjamah,pembelajaranAbstrak
Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana metode gramatika terjemah pada pembelajaran Bahasa Arab di Prodi PAI Institut Agama Islam Tasikmalaya dengan fokus masalah: Bagaimana Implementasi Metode Gramatika terjemah dalam pembelajaran Maharat Qira’ah dan Kitabah yang dilaksanakan oleh Dosen Pengampu Bahasa Arab, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang dosen Pengampu Bahasa Arab, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah Implementasi Metode Gramatika Terjemah dalam pembelajaran maharat Qira’ah dan Kitabah pada Pembelajaran Bahasa Arab serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengolahan data ditempuh melalui koleksi, editing, klasifikasi dan interpertasi. Analisis data menggunakan data kualitatif dengan mendekripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, dan dalam menggambil kesimpulan penulis menggunakan metode induktif, yakni menarik kesimpulan dari hal-hal yang berbentuk khusus ke umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Gramatika Terjemah pada penyampaian materi Bahasa Arab sudah sepenuhnya sesuai dengan langkah-langkah Metode Gramatika Terjemah. Hal ini dapat dilihat dari tahap perencanaan yang meliputi: pembuatan Rencana Pembelajaran Semester, program tahunan, program semestar, dan silabus, serta disediakannya fasilitas pembelajaran yang memadai. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh Dosen Bahasa Arab sudah sesuai dengan prinsip pelaksanaan Metode Gramatika Terjemah dengan rencana pembelajaran semester yang sesuai. Faktor-faktor pendukung dan penghambat Metode Gramatika Terjemah Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Prodi PAI Institut Agama Islam Tasikmalaya adalah latar belakang pendidikan dosen, pengalaman mengajar dosen mengikuti pelatihan, pengetahuan dosen terhadap strategi pembelajaran, intelegensi dan minat belajar mahasiswa.