PENGARUH TRAFFIC INTERNET SURFING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v6i1.484Kata Kunci:
Traffic Internet Surfing, Prestasi Belajar Bahasa InggrisAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aktivitas traffic internet surfing terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Eksperimen berperan sebagai metode dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Tasikmalaya. Random sampling teknik digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Perhitungan analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) =0.000 kurang dari Asymp. Sig. (2-tailed) < 0.05 yang artinya H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh aktivitas traffic internet surfing terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Selain itu, penulis mengambil data kekuatan lain dari wawancara. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan platform media sosial lain selain WA Blast dan juga konten informasi moderasi tidak terbatas hanya flyers saja. Sebagai implikasi praktis, temuan ini menyarankan perlunya bimbingan bagi mahasiswa PAI dalam memanfaatkan internet secara efektif untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris. Penting untuk menyeimbangkan penggunaan internet untuk kegiatan surfing dengan kegiatan belajar yang terstruktur