STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN PAI DI SDN GUNUNG KONENG KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v6i1.487Kata Kunci:
Strategi, Pembelajaran Ekspositori, Motivasi Belajar SiswaAbstrak
Pendidikan sangat penting bagi bangsa untuk meningkatkan daya saing di berbagai bidang. Negara-negara maju terus berinvestasi dalam pendidikan. Pendidikan agama Islam memiliki peran utama dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia dan taat hukum. Seorang guru harus menggunakan bahan ajar dari al-Qur’an dan Hadis untuk mendidik siswa tentang kebajikan. Motivasi belajar sangat penting, agar siswa tidak menganggap belajar membosankan. Strategi pembelajaran ekspositori melibatkan penyampaian materi secara verbal oleh guru untuk membantu siswa memahami pelajaran. Di SDN Gunungkoneng Kota Tasikmalaya, motivasi belajar siswa masih rendah, sehingga penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi ini. Strategi yang tepat dapat menciptakan pembelajaran yang menarik. Penelitian ini berfokus pada penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk motivasi siswa kelas V dalam Pendidikan Agama Islam. Motode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, karena sifatnya menggunakan metode analisis deskriptif dengan kata lain penelitian ini berupaya menggambarkan, menguraikan suatu keadaan yang sedang berlangsung beradsarkan fakta dan informasi yang diperoleh dari lapangan dan kemudian dianalisis beradasarkan variable yang satu dengan lainnya. Hasil penelitian di lapangan adalah Guru PAI di SDN Gunungkoneng Kota Tasikmalaya menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, yang mencakup ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Motivasi belajar siswa kelas V sudah baik, meskipun ada yang kurang. Guru berusaha meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan memilih metode yang tepat.