INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM: PERSPEKTIF LITERASI AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v6i1.488Kata Kunci:
Moderasi Beragama, Pendidikan Islam, Literasi AkademikAbstrak
Moderasi beragama merupakan konsep yang mengutamakan pada aspek keseimbangan dalam beragama untuk menciptakan harmoni sosial di tengah keberagaman. Dalam konteks pendidikan Islam, integrasi nilai-nilai moderasi beragama menjadi penting untuk membentuk generasi yang memiliki sikap inklusif, toleran, dan adaptif terhadap perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai- nilai moderasi beragama dalam pendidikan Islam melalui perspektif literasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menganalisis berbagai literatur yang relevan dari jurnal, buku, dan dokumen akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama dapat diintegrasikan melalui kurikulum berbasis nilai, pembelajaran interaktif yang menitikberatkan pada diskusi, serta pembiasaan praktik kehidupan beragama yang inklusif di lingkungan pendidikan. Literasi akademik menjadi kerangka penting dalam memahami dan menyampaikan nilai-nilai ini secara kritis dan analitis. Selain itu, penguatan literasi akademik pada peserta didik membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai moderasi dalam pemikiran dan perilaku sehari-hari.