PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTS. AR-RAHMAH KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v6i1.490Kata Kunci:
Kepmimpinan, Kepala Sekolah, kompetensi pedagogikAbstrak
Peningkatan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh proses belajar mengajar. Jika proses ini diperbaiki, maka kualitas lulusan akan meningkat. Manajemen sekolah dan pendekatan pengajaran kepala sekolah sangat menentukan kualitas pembelajaran. Kepala sekolah harus dapat mengkomunikasikan visi kepada siswa, orang tua, guru, dan administrator. Kompetensi guru penting untuk melaksanakan tugas di bidang belajar. Rendahnya mutu pendidikan disebabkan oleh rendahnya kinerja guru, yang dipengaruhi oleh berbagai aspek kompetensi seperti kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional. Penyebab utama rendahnya kualitas guru adalah peran kepala sekolah. Kepala sekolah berfungsi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, yang penting untuk proses pendidikan. Seorang kepala sekolah harus mampu memandu dan memotivasi, serta menjaga komunikasi dan supervisi yang baik di sekolah. Peneliti tertarik untuk mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs. Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskripsi, baik ucapan maupun tulisan dan perilaku yang dapat diambil dari orang-orang atau subjek itu sendiri. Jadi, penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.Kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui fungsi sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Kepala sekolah harus menciptakan iklim belajar yang baik, mendukung guru dalam kegiatan profesional, dan memotivasi untuk meningkatkan kinerja. Beberapa strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik antara lain mengadakan workshop, penataran, motivasi untuk karya tulis ilmiah, memberikan penghargaan, supervisi, dan rapat sekolah. Dari penelitian di MTs. Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya, disimpulkan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin harus menerapkan strategi untuk memotivasi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mereka.