INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PERGURUAN TINGGI: INTEGRASI TAUHID, SAINS, DAN TEKNOLOGI

Penulis

  • Iqbal Anggia Yusuf Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Faiz Musthofa Abbas STIT Bunten Pesantren Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.580

Kata Kunci:

Inovasi Kurikulum, Pendidikan Islam, Tauhid, Sains, Teknologi

Abstrak

Inovasi kurikulum pendidikan Islam merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus menjaga otentisitas nilai-nilai tauhid. Dalam konteks perguruan tinggi Islam, integrasi tauhid, sains, dan teknologi menjadi penting untuk membentuk generasi yang memiliki dasar spiritual yang kuat, penguasaan ilmu pengetahuan modern, serta keterampilan teknologi yang adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk inovasi kurikulum pendidikan Islam di perguruan tinggi dengan fokus pada integrasi ketiga aspek tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menganalisis literatur yang relevan dari jurnal, buku, serta dokumen kebijakan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi kurikulum dapat diwujudkan melalui desain pembelajaran integratif, penguatan mata kuliah interdisipliner, serta implementasi model pembelajaran berbasis proyek yang menghubungkan aspek keimanan dengan penerapan sains dan teknologi. Integrasi ini tidak hanya memperkuat identitas keislaman mahasiswa, tetapi juga meningkatkan daya saing mereka dalam menghadapi era globalisasi. Selain itu, kurikulum yang inovatif dan integratif berpotensi menghasilkan lulusan yang mampu menjadi agen perubahan dengan landasan tauhid yang kuat, pengetahuan sains yang luas, serta keterampilan teknologi yang aplikatif.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Terbitan

Bagian

Articles