BUDAYA PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI PILAR UTAMA UNTUK MENDUKUNG KEBERHASILAN PENDIDIKA KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK
(STUDI PENELITIAN MTS NURUL FALAH KOTA TASIKMALAYA)
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.583Kata Kunci:
Konsep Pengelolaan Kelas, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Islami, Peserta Didik.Abstrak
Budaya pengelolaan kelas memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan karakter Islami peserta didik. Penelitian ini didasari dengan realita di lapangan bahwa pengelolaan kelas oleh sebagian guru masih bersifat konvensional dan belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk budaya pengelolaan kelas di MTs Nurul Falah Tasikmalaya, menganalisis pengaruhnya terhadap pendidikan karakter Islami peserta didik, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan telah mengintegrasikan nilai-nilai Islami seperti disiplin, tanggung jawab, dan saling menghargai, yang berdampak positif pada pembentukan karakter peserta didik. Namun, tantangan masih ditemukan, terutama dalam hal keterbatasan pemahaman guru dan belum optimalnya pelatihan terkait pengelolaan kelas berbasis Islami.



