IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SDN CILOLOHAN KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.584Kata Kunci:
Talking Stick, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar, Model KooperatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Cilolohan Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaann model Talking Stick membuat siswa lebih fokus dalam mengikuti pelajaran. Peningkatan keterlibatan siswa berdampak pada meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar, terutama dalam pemahaman materi keagamaan. Faktor pendukung keberhasilan model ini meliputi motivasi gur, fasilitas pembelajaran yang memadai, dan respons dari siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah rasa gugup siswa, keterbatasan waktu, dan perbedaan tingkat kemampuan amntar siswa. dengan demikian, model Talking Stick efektif diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa asalkan diterapkan dengan strategi yang tepat sesuai kondisi kelas.



