IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH LIL ULUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING KELAS I’DADIYAH DI PONDOK PESANTREN BAITURRAHMAN TASIKMALAYA

Penulis

  • Doripah Niswah Elfida Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Aja Rowikarim Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.586

Kata Kunci:

Al-Miftah Lil Ulum, Membaca Kitab Kuning, Pesantren, Kompetensi Santri, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning pada santri kelas I’dadiyah di Pondok Pesantren Baiturrahman Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta tes praktik membaca kitab kuning yang mencakup aspek kelancaran membaca, identifikasi kelas kata, analisis nahwu dan i’rob, penentuan wazan dan sighat, pemberian makna tartib, serta penguasaan nadzom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 95% santri berhasil memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Efektivitas metode ini ditunjang oleh dua faktor utama, yaitu penguatan kapasitas guru melalui pelatihan di Pondok Pesantren Sidogiri dan penerapan standar evaluasi yang sistematis. Dengan demikian, temuan ini memberikan kontribusi penting sebagai rujukan bagi implementasi metode pembelajaran kitab kuning yang terstruktur, efisien, dan aplikatif di lingkungan pesantren.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Terbitan

Bagian

Articles