IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH LIL ULUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING KELAS I’DADIYAH DI PONDOK PESANTREN BAITURRAHMAN TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.586Kata Kunci:
Al-Miftah Lil Ulum, Membaca Kitab Kuning, Pesantren, Kompetensi Santri, Pembelajaran Bahasa ArabAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning pada santri kelas I’dadiyah di Pondok Pesantren Baiturrahman Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta tes praktik membaca kitab kuning yang mencakup aspek kelancaran membaca, identifikasi kelas kata, analisis nahwu dan i’rob, penentuan wazan dan sighat, pemberian makna tartib, serta penguasaan nadzom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 95% santri berhasil memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Efektivitas metode ini ditunjang oleh dua faktor utama, yaitu penguatan kapasitas guru melalui pelatihan di Pondok Pesantren Sidogiri dan penerapan standar evaluasi yang sistematis. Dengan demikian, temuan ini memberikan kontribusi penting sebagai rujukan bagi implementasi metode pembelajaran kitab kuning yang terstruktur, efisien, dan aplikatif di lingkungan pesantren.



