PENGARUH METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH MU’MIN MA’SHUM KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.587Kata Kunci:
Word Square, Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Metode PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan metode Word Square terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Mu’min Ma’shum Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 28 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket penerapan metode Word Square. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Word Square berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,030 (< 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,796. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 47,537 + 0,796X, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan penerapan metode Word Square diikuti dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Simpulan penelitian menegaskan bahwa metode Word Square efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak.



