PERAN GURU PAI DALAM KEGIATAN PEMBIASAAN PAGI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAS AL-MUKARRIM PANCATENGAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v7i2.588Kata Kunci:
PAI, Guru PAI, Pembiasaan Pagi, Karakter Religius, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kegiatan pembiasaan pagi serta dampaknya terhadap pembentukan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Mukarrim Pancatengah. Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan Indonesia, terutama dalam membentuk moral dan nilai religius peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji bagaimana guru PAI berkontribusi dalam membimbing, memotivasi, dan memfasilitasi kegiatan pembiasaan pagi, seperti shalat dhuha, membaca Al-Qur’an, dzikir, dan kajian keagamaan singkat. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalaKm, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, kategorisasi, serta triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan pagi berperan signifikan dalam membentuk karakter religius siswa, meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, serta kesadaran spiritual mereka. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, termasuk keterbatasan waktu, variasi tingkat partisipasi siswa, serta keterbatasan sumber daya sekolah



