PERAN METODE PEMBELAJARAN TAR-Q DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS 7 SMP IT IBADURROHMAN TASIKMALAYA

Penulis

  • Muhammad Nabhan Taqiyuddin Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Muhamad Zainul Abidin Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Kualitas Bacaan Al-Qur’an dan Metode Tar-Q.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode pembelajaran Tar-Q dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP IT Ibadurrohman Tasikmalaya. Metode Tar-Q menekankan penguasaan bacaan secara bertahap, sistematis, dan praktik langsung dengan bimbingan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek meliputi kepala madrasah, guru, dan perwakilan siswa. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tar-Q secara signifikan meningkatkan kemampuan tilawah siswa, tercermin dari peningkatan nilai ketuntasan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Namun, terdapat kendala, seperti kurangnya pembinaan dari lembaga pusat Tar-Q dan materi buku yang kurang sistematis, sehingga menyulitkan guru dan siswa dalam mengikuti alur pembelajaran. Secara keseluruhan, metode Tar-Q terbukti efektif meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an, baik dari segi teknis bacaan maupun sikap belajar. Dengan dukungan guru yang kompeten, sistem pengajaran yang tepat, serta perbaikan materi dan pendampingan, metode ini berpotensi diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Terbitan

Bagian

Articles