IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN MARGAHAYU DESA PAPAYAN KECAMATAN JATIWARAS KABUPATEN TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v1i1.81Kata Kunci:
Team Teaching, Islamic Religious EducationAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pembelajaran
PAI di SDN Margahayu; untuk mengetahui implementasi metode Team Teaching dalam
pembelajaran PAI di SDN Margahayu;dan untuk mengetahui sistem evaluasi Team
Teaching dalam pembelajaran PAI di SDN Margahayu, Desa Papayan, Kecamatan
Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara
prinsip dan teori yang mendasar, metode Team Teaching di SDN Margahayu Kecamatan
Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya sudah sesuai dengan kaidah teori yang ada,
implementasi (pelaksanaan) metode team teaching dalam pembelajaran PAI di SDN
Margahayu Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya ini dilakukan oleh dua orang
guru, dalam melaksanakan metode team teaching ini, kedua guru ini secara bersama-
sama melakukan perencanaan pembelajaran, Evaluasi pada pelaksanaan Team Teaching
ini, adalah dengan berupa tes-tes yang umum dilakukan pada semua mata pelajaran
lainnya, yaitu berupa pemberian soal-soal baik itu tulis maupun lisan. Evaluasi Team
Teaching yang dilakukan dengan memberikan soal pembuka (pre test) di awal
pelaksanaan Team Teaching (tes formatif), dengan melaksanakan ujian tulis mingguan
kepada para siswa, evaluasi bulanan, dan evaluasi sumatif.