ANALISIS DAMPAK SUPERVISI KELAS TERHADAP KUALITAS KINERJA PENDIDIK

Penulis

  • Cecep Abdul Muhlis Sujai Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v1i1.82

Kata Kunci:

Pendidik, Kepala Sekolah, Supervisi Pendidikan

Abstrak

Salah satu komponen yang berfungsi berarti dalam tercapainya tujuan pendidikan
merupakan supervisi pendidikan. Supervisi Pendidikan ialah pekerjaan yang sangat
berarti dalam peningkatan kualitas Pendidikan. Pendidikan yang berkualitas dipengaruhi
oleh apa yang menjadi profesionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
mendeskripsikan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja Pendidik, faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi terutama dalam hal : 1)
Pelaksanaan Supervisi Kelas Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik; 2)
Hasil Pelaksanan Supervisi Kelas Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode
kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghadirkan data deskriptif beberapa kata-
kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang dapat diamati. Penelitian
kualitatif digunakan untuk mengungkap data deskriptif dari informasi tentang apa yang
mereka lakukan dan yang mereka alami terhadap fokus penelitian.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-23