MILLENIAL APPROACH USAGE TO IMPROVE SPEAKING SKILL
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v1i1.83Kata Kunci:
Keterampilan Berbicara, Penggunaan Pendekatan MilenialAbstrak
Keterampilan berbicara merupakan kemampuan esensial yang harus dikuasai oleh
siswa dengan dua pertimbangan. Faktor inward looking mendefinisikan bahwa
keterampilan berbicara akan melibatkan dan mendukung kesiapan mereka dalam
suasana akademik seperti presentasi dan tes lisan. Faktor outward looking mendorong
siswa menghadapi masalah mereka sendiri setelah mereka lulus, seperti wawancara
kerja atau keterlibatan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh
pendekatan milenial terhadap prestasi berbicara siswa. Eksperimen dengan desain
faktorial one group pre test and post test dimainkan sebagai metodologi penelitian. Tes
berbicara menguasai pengumpulan data. Jumlah sampel adalah 60 mahasiswa program
studi Islam IAI Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Random sampling berfungsi
sebagai teknik pengambilan sampel. Perhitungan dan analisis data menyimpulkan bahwa
Asymp. Tanda tangan (2-tailed) =0,000 kurang dari Asymp. Tanda tangan (2-tailed) <
0,05 menjelaskan bahwa H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari
pendekatan milenial terhadap keterampilan berbicara siswa.